Penyebab dan Solusi Mobil Bergetar Saat Di Rem

Anda pasti Bingung, kenapa mobil yang bergetar pasti membuat pengemudinya tidak nyaman dalam mengendarainya, selain itu getaran yang tidak biasa juga bisa menimbulkan kekhawatiran lagipula getaran ini terjadi ketika mobil di rem, apakah mobil saya baik-baik saja atau terdapat masalah serius?

Untuk itulah tulisan ini dibuat, anda akan membicarakan secara rinci penyebab dan teknik mengatasi mobil yang bergetar melulu saat di rem.


Penyebab Mobil Bergetar Saat Di Rem

Rem dan getaran sebenarnya keduanya sangat berhubungan, sistem rem yang memakai prinsip gesekan pasti akan memunculkan getaran. Tapi komponen rem mobil tersebut sudah diciptakan sedemikian rupa sampai-sampai getaran yang didapatkan tidak hingga terasa pada dashboard.

Untuk masalah mobil yang getar saat rem diinjak, terdapat 3 penyebab yang barangkali terjadi yakni;

1. Pin kaliper rem kering
Rem depan mobil lazimnya sudah memakai rem cakram, kalau kamu lepas ban mobil unsur depan kamu akan menyaksikan piringan dengan kaliper yang mengapit piringan ketika rem diaplikasikan.

Kaliper ini mempunyai dua buah baut yang terletak dibagian atas dan bawah. Baut ini bakal menghubungkan kaliper dengan pin kaliper, pin kaliper ini mestinya dapat digeser-geser sampai-sampai ada pelumas berupa grease pada permukaan pin kaliper.

Kalau situasi pin kering atau tanpa pelumas, maka getaran atau bunyi ketika rem diinjak bakal terjadi.

Solusinya lumayan mudah, kamu lepas kaliper rem dan beri grease pada kedua pin kaliper secukupnya.

2. Baut kaliper lepas
Seperti yang disebutkan diatas, terdapat dua buah baut kaliper yang menyangga kaliper ke braketnya. Kalau di antara baut lepas, tentu tersebut akan paling berbahaya.

Tapi walau baut kaliper lepas, kaliper tidak bakal terlapas dari braketnya sebab kaliper akan terbendung bagian dalam velg. Sehingga yang terjadi tersebut bunyi dan getaran, bunyi dan getaran ini tidak melulu terjadi ketika rem diinjak tapi ketika mobil akselerasi juga dapat terasa.

Meski demikian, yang paling berpengaruh terasa tersebut saat rem diinjak maka terdapat getaran.

Apa barangkali baut kaliper dapat lepas?

Tentu bisa, ini terjadi lazimnya karena hal keteledoran. Misal ketika rem dimurnikan maka saya dan anda butuh melepas kampas rem, dan ketika pemasangan anda lupa mengencangkan baut kaliper sehingga ketika mobil jalan baut ini terlepas.

3. Permukaan piringan yang tidak rata
Dan yang sangat sering terjadi untuk permasalahan mobil bergetar ketika di rem tersebut ada di unsur piringannya yang telah tidak rata.

Saat rem diinjak, kedua kampas rem akan mengapit piringan. Kalau piringan masih halus dan masih center, maka rem bakal baik-baik saja dan terasa halus pula. Tapi bila permukaan piringan telah tidak rata, lagipula ada goresan maka efeknya bakal timbul getaran pada ketika kita memasuki rem.

Untuk solusinya, terdapat 2 yakni;
  • Pertama kamu bisa membubut piringan rem bilamana permukan yang bergelombang ini tidak terlampau parah.
  • Yang kedua kamu perlu mengubah piringan rem dengan yang baru, teknik ini lebih direkomendasikan sebab lebih aman dan lebih ampuh mengatasi fenomena diatas.

4. Penggunaan kampas rem yang tidak ori
Terkadang ada empunya mobil yang mengubah kampas rem mobilnya dengan merk aftersales yang bukan ori dengan dalil lebih murah atau lebih pakem. Tapi yang butuh diketahui ialah tidak seluruh bahan kampas rem sesuai untuk piringan mobil anda.

Kampas rem tersebut terbuat dari sejumlah jenis bahan, terdapat yang memakai serat organik, keramik, sampai serbuk logam. Kalau kampas rem yang kamu gunakan tidak pas dengan piringan rem mobil anda, maka rem dapat bunyi ketika diinjak sampai timbul getaran.

Solusinya, pakai spare part original dari mobil anda. karena tersebut sudah didesain khusus guna mobil kamu sehingga lebih aman dan lebih nyaman.

Jadi kesimpulannya, mobil yang bergetar saat di rem tersebut mempunyai masalah di sektor pengereman. Dan masalah ini mesti diatasi, sebab sistem rem tersebut adalahperangkat vital pada kendaraan.


Untuk lebih gampang dan praktis, kamu bisa menghubungi bengkel terdekat. Mungkin guna masalah ini, ongkos yang dikeluarkan tidak terlampau besar.

0 Response to "Penyebab dan Solusi Mobil Bergetar Saat Di Rem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel