Scrambler, Model Modifikasi Motor Hitz 2018, Ini Dia Tipsnya Kalau Mau Coba

Dema kustom untuk motor-motor di Indonesia tampaknya sedang menjangkit para bikerz di Republik ini. Berbagai macam jenis motor dirubah di berbagai sisi, dibentuk disana sini agar sesuai dengan keinginan.

Beberapa konsep modifikasi motor yang sempat hits sepanjang tahun lalu antara lain, scrambler, cafe racer, tracker dan beberapa lainnya. Untuk tiap-tiap konsep moter modifikasi dikenal karakteristik tersendiri sehingga motor tersebut layak disebut dengan modifikasi sesuai konsep tersebut.


Sebagai contoh, untuk modifikasi bergaya cafe racer. Bagian buntut sepeda motor yang berbentu a la ekor tawon menjadi ciri khas utamanya. Selain itu, cafe racer sendiri sebenarnya bukan sekedar konsep motor. Ini adalah sebuah culture balap yang dimulai di Eropa sana.

Untuk motor dengan tema modifikasi tracker, grid ban pacul, handle kemudi panjang menjadi ciri khas utamanya. Tangki bensin yang dibentuk papak menjadi ciri lain menjadikan konsep ini sangat tampak seperti motor retro bahkan bila diadaptasi untuk motor keluaran terbaru sekalipun.

Selain dua konsep tersebut, masih ada konsep lain, yaitu scrambler, adalah modifikasi yang mengacu pada konsep-konsep motor keluaran 1960 an. Model scrambler sendiri kurang lebih berkonsep sama seperti model tracker dengan ciri di bagian tapak roda yang mempunya grid tebal, ban ini disebut juga dengan istilah knobbly, saking kentaranya grid pada bagian tapak roda, ban ini disebut pula dengan nama “ban tahu”.

Scrambler sangat hitz sebagai model modifikasi motor dengan pengerjaan ringan hingga ekstrim. Beberapa bengkel modifikasi yang pernah mengerjakan pesanan modif dengan gaya ini mengaku, bila scrambler tidak memerlukan ubahan sasis yang cukup esktrim. Berbagai tipe motor ber cc besar pas bila dimodif dengan gaya ini, bisa Kawasaki Ninja 250, atau Yamaha R25.

Konsep yang naked dengan grid tapak ban yang sangat kentara, tentu bakal makin gahar bila dipadu dengan adapatasi dapur pacu 2 silinder berukuran besar. Tenaga juga diperlukan, sebab pada dasarnya model scrambler ditujukan untuk melibas medan bertipe sedang hingga berat.

Bagian depan biasa menggunakan model shock absorber bergaya upside down. Tabung peredam kejut berfungsi ganda, selain untuk keindahan tampilan, sisi lain tentu memang untuk kenyamanan saat motor benar-benar dipacu dimedan di luar jalan raya atau semi offroad.

Untuk pabrikan jenis peredam kejut di bagian belakang yang banyak dipakai para modifikator guna menampilkan sebuah konsep scrambler sejati bisa shock absorber yang diproduksi YSS maupun Ohins. Dua pabrikan ini memang dikenal sebagai pabrikan peredam kejut berkualitas tinggi yang sangat pas untuk medan semi offroad hingga offroad. Pabrikan seperti Ducati juga memproduksi motor built up dengan gaya scarambler hingga saat ini.

Post a Comment

0 Comments