Inspiratif! Dari Gudang, Tiger Kembali Mengaum Berbaju BretCafeRacer

Honda tiger pernah mengisi hati pengila dua roda di tanah air. Bagaimana tidak, mesin 200cc dan tampilan macho nan sangar memantik hati siapa saja yang memandang. Bergaya touring dengan konsep mesin 4 tak di Indonesia, Honda Tiger pernah merajai jalanan dengan tampilan sporty, jaun sebelum kehadiran motor-motor berkapasitas lebih tinggi, dan skin mentereng sebut saja, Ninja 250, Yamaha R25, atau Honda CBR 250.


Termakan waktu dan usia, Tiger hampir saja terlupakan.

Namun untungnya, beberapa orang, yang cinta dengan dunia modifikasi kembali menghidupkan raungan sang macan agar bisa kembali merayapi jalanan.

Sperti salah satu ide a la modifikator Pekanbaru, yang menghidupkan kembali Honda Tiger ber Akta Kelahiran tahun 2000 hinga menjadi sebuah motor bertampang sangar dengan konsep BretCafeRacer.
Untuk mendapatkan motor impian, sang Modifikator bahkan rela mengorbankan beberapa part. Tubuh sang macan di operasi plastik habis-habisan, sebut saja, pemotongan sepertiga frame belakang dan diganti dengan plat besi bentuk U. Tujuannya agar motor kelihatan lebih pendek, maklum saja konsep BretCafeRacer, memang terinspirasi dari para begundal di Negeri Paman Sam yang mengendari motor bertampang sprinter, di kelas Naked.

Selain itu, tangki standar juga tak lepas dari sentuhan modifikasi. Tangki diganti pakai punya GL100, stang pun tak luput dari jajahan tangan modifikator, stang tiger yang cenderung berkonsep touring, dilempar untuk kemudian digantikan dengan stang jepit Post.

Cakram dipasang dengan besutan TDR, shock breaker pakai Kawahara, dan pelek enkei berlabur warna htiam 6 palang ring 17, dibungkus pakai ban merk swallow ukuran 230/80 di bagian belakang dan 80/90 dibagan depan menambah sentuhan artsy yang jadul tapi tetap gahar.

Disisi dapur pacu, motor yang sempat tidak hidup selama bertahun-tahun ini akhirnya juga harus menemui dukun spesialis karburator. Karbu bawaan kemudian dilempar dan diganti pakai karbu pe28, alasannya tentu agar tegangan bisa dirasakan si penunggang kala berkendara bersama Tiger BretCafeRacer ini.

Untuk menambah kesan tangguh, knalpot diganti pakai besutan custom, bergaya Chopper. Knalpot dipilih serie custom tujuannya tentu agar si Tiger 2000 ini benar-benar punya keunikan dibandingkan motor tiger modifikasian lainnya.

Yang paling mengejutkan, nyatanya, si pelaku modifikasi asal palembang ini, ternyata hanya mengeluarkan budget minim untuk keseluruhan tampilan Tiger 2000 yang didapatkan sekarang. Kurang lebih 3 juta saja untuk mempermak motor yang tadinya hampir bernasib di tangan dendengan besi tua itu, kembali mengaum dijalanan.

Dengan gaya barunya tersebut, Tiger2000 BretCafeRacer ala modifikator palembang ini tampakanya bisa ditiru sebagai inspirasi untuk memodifikasi motor yang sama. Hidupkan kembali raungan Tiger2000 seperti waktu lalu, dan bersiap dapatkan perhatian hari ini juga.

Sumber: oto.detik

Post a Comment

0 Comments