Pesaing Yamaha Nmax dan Honda PCX, Suzuki Burgman 180 Hampir Siap!


Pesaing Yamaha Nmax dan Honda PCX dari Suzuki, Burgman 180, hampir siap. Meski demikian skutik bongsor ini tidak meluncur tahun ini, kemungkinannya tahun depan.


"Kami kecil, jadi harus fokus. Tahun lalu (fokusnya) GSX, tahun ini Nex II. Intinya setiap tahun kami selalu luncurkan model (bukan facelift) yang bisa diterima masyarakat," ujar Sales & Marketing 2W Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yohan Yahya saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ketertarikan Suzuki bermain di kelas yang sudah ditempati PCX dan Nmax, lantaran pasarnya cukup besar. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia membuktikan, sekitar 60 ribuan unit terjual tiap bulan. Padahal, penjualan pabrikan berlambang S saja cuma 10 ribuan unit perbulan. Bagaimana tidak tergiur?

Burgman 180 juga siap diproduksi di Indonesia. Menurut Asst. to Section Head of Marketing 2W SIS, Ota Keisuke, hal ini dikarenakan tanah air punya permintaan paling besar untuk motor 150 cc dibanding negara lain. Jadi mau tidak mau, perakitan harus dilakukan di sini.

Terkait jeroan, Suzuki berencana membuatnya berbeda dari Nmax dan PCX. Misal saja kapasitas mesin, sesuai namanya tidak menggendong 150 cc tapi sedikit di atas. Kemungkinannya 180 cc agar performanya semakin mantap, bahkan lebih baik dibanding kompetitor. Pabrikan berlambang S pun siap bersaing dengan memberi harga lebih terjangkau, sebagaimana yang sudah terjadi pada si kembar GSX dan Nex II.

"Kami sangat memberi atensi, kalau mau masuk pasar baru tentu harus tampil beda dari produk yang sudah ada. Kami tidak akan jadi follower," jelas Marketing 2W Manager SIS, Banggas Pardede.

Sebagai teaser, Suzuki siap menampilkan Burgman Street 125 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Motor ini ditujukan untuk melihat respons pasar terkait sosok skutik bongsor yang diinginkan. Persis Access 125 dan Intruder 150 ketika dipajang di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018. Soal kemungkinan Burgman Street dijual di Indonesia, rasanya kecil. Lantaran bagi mereka, kelas skutik 110 cc dan 125 cc tidak jauh berbeda. Apalagi di segmen ini baru saja meluncur Nex II selaku andalan dalam merebut pasar entry level

1 comment for "Pesaing Yamaha Nmax dan Honda PCX, Suzuki Burgman 180 Hampir Siap!"

  1. With the present rate of developments changing day in day out the Suzuki vehicle alert currently comes as a lapel camera that can be introduced anyplace in your vehicle so you stroll with a hand screen computerized to it in your pocket used car dealerships near me

    ReplyDelete

Post a Comment